Pertanyaan :

Salam pak Cahya,

Saya berniat mendirikan CV untuk pembuatan Pallet kayu, Untuk fumigasi (HT) saya masih memakai jasa perusahaan HT yang lain.

Saya mendapatkan beberapa info berbeda dari teman2 saya.

Versi I : Saya harus memiliki sertifikasi resmi (pendidikan beberapa bulan) dari pemerintah di Jakarta, untuk mendirikan CV palet ini.

Versi II : Saya tidak memerlukan sertifikasi, karena saya belum memiliki fasilitas oven HT, dan masih memakai jasa HT dari perusahaan lain.

Untuk itu saya mengharapkan info dari pak Cahya, mungkin juga Prosedur2 lain, yang masih berkaitan dengan pendirian CV Pallet kayu.

Sebelumnya saya

Jawaban :

Salam kembali Pak Rianto.

Maap Pak, Saya belum pernah mendapat informasi mengenai  pendirian CV, yang mengharuskan adanya syarat-syarat diluar syarat-syarat normatif, mengingat tidak adanya aturan khusus, baik undang-undang maupun peraturan dibawahnya., berbeda dengan pendirian PT, Koperasi dan Yayasan.

Sehingga pendirian CV, menutut saya tidak ada syarat tertentu. Barangkali ya Bapak maksud adalah saat melaksanakan usaha Pallet Kayu, maka untuk berusaha, dibidang usaha tertentu memang diperlukan perijinan khusus.

Untuk syarat dan prosedur pendirian CV, Bapak bisa liat di bagian Jasa Notaris dan PPAT di web ini.

 

Salam.