Mengenal Lebih Dekat Ketua Pengwil Jabar Ikatan Notaris Indonesia H. IRFAN ARDIANSYAH M,  SH, LLM, Sp.N.

Meski berpenampilan serius dan sepanjang hari sibuk dengan segudang pekerjaan, sebenarnya tidaklah sulit untuk mengajak Irfan Ardiansyah berbincang-bincang. Selain senang humor, dia adalah pribadi yang terbuka.

Irfan Ardiansyah yang oleh para sobatnya dipanggil Uthen adalah pria kelahiran Medan, 21 Desember 1971. Kini, ia menjabat sebagai Ketua Pengurus Wilayah (Pengwil) Jawa Barat (Jabar) Ikatan Notaris Indonesia, periode 2016-2019.

Uthen meraih gelar sarjana hukum pada Universitas Trisakti tahun 1995, Master of Law Faculty Case Western Reserve University (CWRU) Cleveland, pada tahun 1998, spesialis notariat Fakultas Hukum Universitas Indonesia, tahun 2011, dan pada 2016, meraih  gelar`Doktorat Ilmu Hukum dari Universitas Islam Bandung.

Selain terbuka, dia juga pribadi yang bersahaja dan  kharismatik, tak heran pria yang satu ini banyak disenangi teman sejawatnya. Selain itu, dia juga seorang pekerja keras sehingga banyak klien yang puas atas jasa yang diberikannya. Musyawarah adalah kata kunci dari seluruh permasalahan yang diputuskan.

Pengwil Jabar di bawah pimpinannya saat ini memiliki 25 Pengurus Daerah (Pengda) dengan jumlah anggota 3700. Organisasi di tangan Uthen dari waktu ke waktu tampak semakin solid. Hal itu terjadi berkat konsolidasi yang terus menerus dilakukannya terhadap para anggota.

Disamping itu, ia juga intens melakukan konsolidasi dengan Pemerintah Jawa Barat serta kabupaten yang ada di Provinsi Jabar. Ketika ditemui CekPOIN Indonesia, di kantornya, ia berkata, organisasi yang dipimpinnya memiliki program jangka menengah yang akan dicapai, yakni mengoptimalkan pelayanan bagi seluruh anggotanya yang tersebar di wilayah Jabar sehingga organisasi ini makin solid dan penuh integritas dan didukung oleh pemberdayaan setiap anggota dengan tujuan terwujudnya kemandirian serta kepemimpinan yang visioner.

Saat disinggung mengenai program jangka panjang, dirinya menuturkan akan mempersiapkan kader-kader di daerah Jabar untuk kebesaran Pengwil Jawa Barat. Menurutnya saat ini pencapainya baru 40 persen. “kami terus meningkatkan kinerja kami sehingga apa yang saya dan pengurus harapkan dapat segera terwujud,” jelas Irfan.

Dia bertutur, untuk menjawab tantangan ke depan dalam rangka melayani dan memfasilitasi masyarakat dengan cara mensosialisasikan aturan pemerintah kepada masyarakat yang telah ada selama ini, maupun aturan pemerintah yang baru. Pengwil Jabar tentu harus memberikan perlindungan hukum dan kenyamanan kepada seluruh angggotanya, dalam rangka menjalankan jabatan notaris sesuai dengan aturan yang berlaku.

Irfan pun tak keberatan untuk meneruskan jabatannya sebagai Ketua Pengwil Jabar untuk periode selanjutmya, dengan catatan bila dirinya masih dibutuhkan demi kemajuan organisasi. Ia berharap keberadaan notaris di masa depan dapat peranan penting dalam pembangunan hukum di Indonesia.

Pria yang sangat menghargai waktu  ini, meski memiliki berbagai prestasi, namun tidak menjadikan dirinya jumawa dihadapan rekan-rekannya, karena dirinya paham betul menghargai arti persaudaraan dan pertemenan.

Padatnya kesibukan yang ia jalani tidak membuat dirinya lupa akan arti penting keluarga, sehingga ketika ada kesempatan hari libur, benar-benar ia manfaatkan untuk keluarganya bersama istri dan buah hatinya, yang selalu memberikan spirit terhadap dirinya.(Ad-1)

Sumber                   : http://www.cekpoinindonesia.com/?p=150

Update terakhir : 06 Agustus 2018