Pertanyaan :

Yth, Bapak Cahya Suryana, S.H.

Tahun 2000 saya mengambil rumah melalui KPR BTN, karena syarat2nya tidak memenuhi akhirnya saya pakai persyaratan orang tua, rumah sudah lunas, sekarang saya mau merubah sertifikat menjadi nama saya. Orang tua sudah meninggal.

Bagaimana caranya/syarat untuk merubah sertifikat tersebut, saya tiga bersaudara dan saya anak pertama.

Demikian pertanyaan saya.

Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

 

Jawaban : 

Salamat siang Pak Supriyatno.

Pembelian KPR seperti yang Bapak lakukan banyak terjadi, dan sebenarnya sah-sah saja, hanya saja, barang kali, saat itu Notaris tidak memberikan informasi kepada Bapak saat membeli, mengenai konsekwensi cara pembelian seperti ini.

Konsekwensi tsb seharusnya disampaikan oleh Notaris, kecuali Bapak tidak memberi informasi mengenai hal ini kpd Notaris, menyangkut :

  1. Proses peralihan hak (baliknama sertipikat) kepada Bapak selaku pemilik uang, baik saat orang tua masih ada maupun sudah wafat dengan meninggalkan akhli waris.
  2. Proses peralihan hak (baliknama sertipikat) apabila Bapak, yang justru lebih dahulu wafat, baik sebelum atau sesudah lunas cicilan.
  3. Perhitungan mengenai biaya dan pajak/bea terutang.

Kembali ke pokok masalah, dengan wafatnya orang tua, maka atas bidang tanah dan bangunan tsb , menjadi harta waris, yang dalam proses harus dibalik-namakan ke atas nama seluruh anak-anak almarhum.

Selanjutnya, agar bisa dibalik-namakan ke atas nama Bapak (selaku pemilik secara materil), dibuatkan Akta Pembagian Hak Bersama (APHB) dihadapan PPAT dimana bidang tanah tersebut berada.

Syarat awal yang harus Bapak persiapkan adalah pembuatan Surat Pernyataan Akhli Waris kemudian pembuatan APHB tsb.

Untuk Syarat Surat Pernyataan Akhli Waris, silahkan Bapak hubungi kelurahan dan/atau kecamatan dimana almarhum wafat atau dimana Bapak bertempat tinggal.

Sedangkan syarat pembuatan APHB, silahkan Bapak hubungi Notaris/PPAT untuk mendapat penjelasan lebih lanjut. Bapak bisa juga lihat syarat pembuatan AJB di web saya.

Insya Allah, prosesnya mudah Pak.